Pages

Labels

Kamis, 28 November 2013

Artikel saya :)

Pendidikan sebagai Ujung Tombak Kemajuan Bangsa
Oleh : Tiara Budi Wardani
Mahasiswi Prodi International Program on Science Education 
UPI - 2013
Telah kita ketahui bahwa pendidikan bukanlah sekedar sebuah kewajiban yang harus kita laksanakan, lebih dari itu pendidikan merupakan sebuah kebutuhan. Dimana dengan pendidikan, manusia akan lebih berkembang dan berkembang. Dengan itu, pendidikan jelas memberi manfaat yang besar bagi manusia. Pendidikan tak hanya sebatas pelajaran yang didapat di dalam kelas ketika guru sedang menerangkan, tetapi pendidikan juga mencangkup pengembangan pribadi dari segi melatih kemandirian, rasa tanggung jawab dan kejujuran dan tentunya tidak hanya berlangsung di dalam kelas.
Tujuan pendidikan itu sendiri beragam, dapat dibilang tergantung pandangan pribadi masing-masing individu terhadap pendidikan itu sendiri, ada yang memandang pendidikan adalah sebagai sebuah alat transportasi untuk membawanya kepada cita-citanya, ada yang memandang pendidikan sebagai sarana untuk menadapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, ada pula yang memandang pendidikan yang baik dapat memperbaiki status kerjanya, sehingga dapat menunjangnya untuk mendapatakan pekerjaan yang nyaman.
Terlepas dari pandangan itu semua, ternyata pendidikan adalah sesuatu hal yang luar biasa penting. Ya, tentu sebenarnya tujuan utama adanya pendidikan adalah untuk mendapatkan ilmu. Kita semua setuju bahwa pendidikan akan membawa kita pada hal yang lebih baik. Bahkan Allah S.W.T pun menganjurkan hamba-Nya untuk mencari ilmu,
"Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran." (Az-Zumar:9)
“Barangsiapa menempuh suatu jalan yang padanya dia mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan dia menempuh jalan dari jalan-jalan (menuju) jannah, dan sesungguhnya para malaikat benar-benar akan meletakkan sayap-sayapnya untuk penuntut ilmu, dan sesungguhnya seorang penuntut ilmu akan dimintakan ampun untuknya oleh makhluk-makhluk Allah yang di langit dan yang di bumi, sampai ikan yang ada di tengah lautan pun memintakan ampun untuknya....” (HR. Abu Dawud)
Dari ilmu yang telah kita dapat tentu itu akan berdampak banyak bagi pribadi diri kita, selain menambah pengetahuan dalam bidang akademik, pendi... (selanjutnya di http://opini.berita.upi.edu/2013/10/22/pendidikan-sebagai-ujung-tombak-kemajuan-bangsa/ )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About

Maaf kalau ada kata-kata gue yang salah atau ada postingan gue yang tidak mengenakkan. Hmm.. maaf juga kalau gaje atau gimana di blog ini. Everyone has their own way to share their feeling or story. And this is my way. Well, thanks for understanding. Enjoy my blog!